5 Sunnah Saat Berpuasa Ramadhan

Halo sahabat Zota, target puasa kali ini semoga bisa full ya puasanya, jangan bolong-bolong kan sudah besar hehehe

Puasa Ramadhan adalah salah satu bentuk ibadah seorang muslim yang terdapat pada rukun islam ke 3 ”puasa pada bulan ramadhan”. Diwajibkan bagi seluruh umat islam di seluruh dunia untuk berpuasa Ramadhan setahun sekali dalam 30hari, terkecuali bagi orang yang sakit (benar-benar tidak bisa berpuasa) dan bagi perempuan yang sedang berhalangan (datang bulan) tidak diwajibkan untuk mengerjakan puasa ramandan.  Dalam menunaikan ibadah puasa, puasa menahan lapar, haus, serta hawa nafsu dimulai saat adzan subuh dan ditutup dengan berbuka setelah adzan maghrib.

Saat berpuasa ada banyak sunnah yang belum kita ketahui diantaranya sebagai berikut :

1. Menyegerakan Berbuka saat Adzan Maghrib
Menyegerakan berbuka saat Adzan Maghrib berkumandang adalah salah satu sunnah rasul yang disarankan pada umatnya. Segeralah berbuka ketika adzan maghrib berkumandang dan berhentilah berkerja saat tiba waktunya berbuka puasa bahkan lebih baik berbuka puasa dahulu sebelum menjalankan ibadah sholat maghrib. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyarankan dalam sabdanya yang artinya “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama ia menyegerakan berbuka puasa.”

2. Berbuka Dengan Kurma
Sangat dianjurkan pada saat kita berbuka, kita mengonsumsi yang manis-manis terlebih dahulu. Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan kurma untuk membatalkan puasa. Dan perlu diketahui bahwa Rasulullah pernah memberitahukan kepada sahabat beliau bahwa beliau memakan kurma dalam jumlah yang ganjil. Kurma juga sangat bagus untuk tubuh dan memiliki nilai gizi yang tinggi.

3. Membaca Do’a Berbuka Puasa
Membaca doa berbuka puasa dianjurkan oleh Nabi Muhammad s.a.w sebelum membatalkan puasa, hal tersebut termasuk dalam perbuatan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad s.a.w:
Diceritakan oleh Ibnu Umar; Rasulullah s.a.w, apabila berbuka buasa, ia berdoa: “wahai Tuhanku, karena Engkau aku berpuasa, dan atas rizkimu aku berbuka, maka sirnahlah rasa dahaga dan urat-uratku sekarang jadi basah, dan semoga pahala puasanya tetap kalau Engakau menghendaki”. (Hadits Shahihm riwayat al-Bukhari dan Muslim)

4. Menyegerakan Mengakhiri Sahur
Dalam menunaikan puasa umat islam perlu ber-sahur yang dikerjakan pada tengah malam dan diakhiri sebelum adzan subuh berkumandang. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabdanya yang artinyaUmatku akan selalu berada dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur.”

5. Memberikan Makan Orang Berpuasa
Salah satu rahasia memberbanyak pahala di bulan Ramadhan ialah peduli sesama mahkluk sosial dengan memberikan makanan di bulan Ramadhan saat buka puasa telah tiba hal ini dijelaskan dalam hadist yang artinya ”Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Itulah 5 sunnah yang bisa kita lakukan untuk memperpekat pahala kita di bulan suci Ramadhan. Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada salah kata atau penulisan yang kurang tepat. Terima kasih.

Author Hakiki

Terima kasih telah berkunjung...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.