Cara Mengubah Style Tulisan di WhatsApp

Siapa sih yang tidak tahu WhatsApp? WhatsApp merupakan aplikasi smartphone untuk mengirim pesan secara instan, fungsi WhatsApp hampir sama dengan aplikasi pesan bawaan smartphone (menggunakan nomor HP). Namun WhatsApp sama sekali tidak menggunakan pulsa sebagai metode pembayaran pengiriman pesan, melainkan hanya menggunakan koneksi internet. Panjang pendeknya karakter tidak menjadi masalah yang perlu dikhawatirkan setiap pengguna WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp ini banyak di gunakan dibanyak kalangan dari anak, remaja, bahkan sampai orang tua. Pada sekitar pertengahan tahun 2017 WhatsApp menambahkan fitur Text Style (cetak tebal, miring, atau tercoret). Meskipun sudah setahun fitur ini ada, namun sebagian orang masih bingung untuk membuat tulisan dengan gaya teks seperti Cetak Tebal (bold), Miring (italic), dan Tulisan Tercoret (strikethrough).

Nah, kali ini teman-teman sudah menemukan solusinya untuk membuat tulisan yang bergaya seperti diatas. (biar gak ketinggalan seperti anak jaman now wkwk…)

 

Cara Membuat Teks Bergaya pada WhatsApp

Syarat pertama adalah teman-teman harus punya aplikasi WhatsApp dong tentunya (basa-basi). Langsung saja deh berikut langkah-langkahnya :

Membuat Tulisan Miring

Cara Mengubah Style Tulisan di WhatsApp

Untuk membuat tulisan miring (italic) di WhatsApp teman-teman cukup menambahkan tanda underscore ( _ ) diawal dan diakhir kalimat, Contoh  _Zonatau_  hasilnya akan menjadi seperti ini -> Zonatau.

 

– Membuat Tulisan Tebal

Cara Mengubah Style Tulisan di WhatsApp

Untuk membuat tulisan tebal (bold) di WhatsApp teman-teman cukup menambahkan tanda bintang/asterisks (*) pada awal dan akhir kata atau kalimat, Contoh *Zonatau* hasilnya akan menjadi seperti ini -> Zonatau.

 

– Membuat Tulisan Tercoret

Cara Mengubah Style Tulisan di WhatsApp

Untuk membuat tulisan teks tercoret (strikethrough) cukup menambahkan tanda gelombang atau tilde (~) pada awal dan akhir kalimat, Contoh ~Zonatau~ hasilnya akan menjadi seperti ini -> Zonatau.

 

– Menggabungkan Miring, Tebal, dan Tercoret

Cara Mengubah Style Tulisan di WhatsApp

Untuk mengkombinasikan 3 style (italic, bold, strikethrough) di WhatsApp cukup mudah namun harus teliti. Caranya cukup menambahkan tanda (*_~) pada awal dan akhir kata atau kalimat, Contoh *_~Zonatau~_* hasilnya akan menjadi seperti ini -> Zonatau.

 

– Membuat Style Tulisan Menjadi FixedSys

Cara Mengubah Style Tulisan di WhatsApp

Untuk yang satu ini mungkin banyak yang belum tau karena jarang sekali digunakan pada setiap pesan. FixedSys merupakan salah satu jenis font lama bisa dibilang tertua dari Microsoft Windows. Cara menggunakannya mudah cukup menambahkan tiga aksen akut (`) diawal dan diakhir tulisan. Contoh Contoh Aksen Akut hasilnya menjadi seperti ini -> Z o n a t a u.

Jika gagal pastikan lagi teman-teman menggunakan aksen akut atau petik satu miring. ( “` ) bukan ( ‘ ‘ ‘ )

 

Gimana, keren kan ? Begitulah langkah-langkah untuk mengubah text style atau gaya teks pada aplikasi WhatsApp. Teks biasa bisa berubah menjadi miring, tebal, dan tercoret, serta menggunakan font FixedSys dari Microsoft Windows. Meskipun fitur ini sudah lama diupdate atau disediakan oleh WhatsApp namun faktanya masih banyak pengguna yang belum tau atau mengerti cara penggunaannya. Dengan dibuatnya tutorial ini diharapkan bisa menambah wawasan pengguna WhatsApp terutama terkait fitur Font Style Format nya.

Author Hakiki

Terima kasih telah berkunjung...

Leave a comment