Liburan ke Banyuwangi ? Ini 4 Masakan Khas dan Unik di Banyuwangi !

Banyuwangi, Jawa Timur, Kabupaten dengan luas kurang lebih 5.782 km² ini dianugerahi dengan keindahan alam yang spektakuler. Mulai dari gunung, pantai, sampai danau tak kalah dengan keindahan alam di daerah lain. Di Banyuwangi sangat banyak tempat wisata yang bisa sobat Zonatau kunjungi, yang paling menakjubkan menurut Zonatau adalah Api Birunya Kawah Ijen (blue fire). Bagaimana tidak menakjubkan? blue fire yang unik itu cuman ada 2 loh di dunia, yaitu di Islandia dan Banyuwangi aja gitu lho (mulai alay).

Oke cukup ya bahas keindahan alam di Banyuwangi gak ada habisnya. Selain itu experience menikmati dunia kuliner di Banyuwangi tak kalah uniknya ketika berlibur disana. Zonatau akan kasih empat bocoran masakan unik yang recommended untuk dicoba saat berada di sana.

1. Pecel Pitik

4 Masakan Unik di Banyuwangi

Image Source

Dari namanya saja sudah keliatan bahan utamanya apa, pitik dalam bahasa jawa yang artinya “ayam”. Masakan khas ini menggunakan daging ayam kampung sebagai bahan utamanya. Ayam yang sudah dibersihkan dipanggang sampai benar-benar matang, lalu dicampur dengan bumbu pecelnya. Bumbu pecelnya juga gak biasa, terdapat 2 bahan tambahan yang berbeda dari pecel-pecel biasanya yaitu Terasi Udang dan parutan Kelapa Muda. Hmm… kebayang gak nikmat kombinasi rasanya… (break, telen ludah dulu).

 

2. Sego Cawuk

4 Masakan Unik di Banyuwangi

Image Source

Sego Cawuk atau Nasi Cawuk ini adalah menu pilihan yang unik dan cocok untuk mengisi perut saat pagi hari. Dengan banyak sekali kombinasi rasa mulai dari ikan kukus, telur rebus, parutan kelapa yang gurih, bercampur butiran jagung bakar yang manis, lalu dicolekkan sedikit dengan sambal cabe rawitnya. Biasanya ditambahkan dengan kuah ikan pindang yang pengolahannya ada campuran blimbing sayur, hmm kalo kebayang blimbingnya aja bikin mata kedip-kedip ya. Tapi dengan kombinasi sempurnanya kenikmatnya bikin nagih…

 

3. Rujak Soto

4 Masakan Unik di Banyuwangi

Image Source

Jadi simpel guys… tinggal beli rujak terus beli soto, campur deh satu piring. Hehe gak lah ya, Rujak Soto khas Banyuwangi ini gak asal tumplek gitu ya. Resep rujaknya terdiri dari 3T (Tahu, Tempe, Timun), biasanya dicampur dengan pisang batu (pisang kluthuk), kemudian dicampur dengan bumbu rujaknya. Lalu untuk sotonya adalah soto daging sapi yang dicampur dengan babat, kemudian disiramkan (kemuka yang masak) eh engga ya, disiramkan ke rujak yang tadi sudah diolah. Unik ya, Rujak Soto Banyuwangi siap dinikmati bisa ditambah dengan krupuk atau  omongan tetangga ya sobat (mulai ngaco).

 

4. Ayeman Ikan

4 Masakan Unik di Banyuwangi

Image Source

Ayeman dalam bahasa lokal atau biasanya kita sebut pepesan ikan. Ayeman atau pepes ikan ini pengolahannya hampir sama seperti pepes dari daerah lain, bedanya atau uniknya adalah daging ikan segar yang digunakan biasanya setelah dibersihkan didiamkan selama satu hari tanpa bantuan pendingin. Barulah daging ikan tersebut diolah keesokan harinya, namun kebanyakan orang akan langsung mengolah daging ikan tersebut tepat setelah dibersihkan.

Bumbu halusnya sendiri terdiri dari bawang putih dan merah, cabe rawit, cabe merah besar, jahe, kunyit, kemiri, gula merah, garam, dan asam jawa. Kemudian daging ikan beserta bumbu halus dicampur dan dibungkus menggunakan daun labu kuning, atau daun pisang dan dikukus. Setelah dikukus selama kurang lebih 30 menit barulah masakan khas banyuwangi ini siap dinikmati. Rasa khasnya yang pedas manis serta gurih benar-benar terasa nikmat untuk makan malam keluarga.

Itulah 4 masakan khas Banyuwangi, Jawa Timur yang menurut Zonatau wajib sobat buru ketika berlibur ke daerah yang dipenuhi dengan destinasi pariwisatanya yang indah tersebut.

Author R

Terima kasih sudah berkunjung di Zonatau.com Follow juga Instagram dan Twitter Zonatau.

Leave a comment