Waktu yang baik untuk jogging, kapan waktu yang tepat?

by -4 Views

zonatau.com – Waktu yang baik untuk jogging, kapan waktu yang tepat?

Waktu yang baik untuk jogging, kapan waktu yang tepat?

Waktu yang baik untuk jogging, kapan waktu yang tepat?. Olahraga merupakan aktivitas vital untuk menjaga kondisi fisik. Lari merupakan salah satu olahraga paling praktis yang dapat dilakukan kapan saja dan tidak memerlukan peralatan khusus.

Ada yang suka lari pagi, ada juga yang memilih lari sore.

Tapi, sebenarnya kapan jam jogging yang baik?

Kapan selagi paling baik jalankan jogging?

Kapan waktu terbaik untuk melakukannya? Ternyata, waktu terbaik untuk melakukannya adalah sore atau malam hari.

Pengaturan ini dianggap ideal karena suhu tubuh, terutama suhu tubuh inti, mencapai puncaknya pada sore hari.

Bagi kebanyakan orang, suhu inti maksimum adalah antara 4 dan 5 sore. Fakta ini datang dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sports Science. Kedokteran (2011). Penelitian ini menunjukkan bahwa jam sirkadian sore atau ritme sirkadian meningkatkan suhu inti tubuh untuk hasil latihan yang maksimal.

Saat suhu di bagian tengah tubuh meningkat, metabolisme atau pembakaran energi dan kapasitas otot meningkat. Metabolisme yang paling bermanfaat membantu tubuh membakar kalori.

Pada saat itu, pengkondisian otot yang baik dapat menghasilkan performa sprint yang maksimal karena tubuh lebih siap menghadapi perubahan di lapangan lari.

Ini juga membantu mengurangi risiko cedera saat berlari. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology Lung Cellular and Molecular Physiology (2015) menemukan bahwa paru-paru bekerja paling baik di sore hari.

Artinya penyerapan oksigen oleh paru-paru lebih banyak digunakan. Ini akan memungkinkan Anda untuk berlari lebih cepat dan lebih fokus pada lingkungan Anda.

Juga, berlari di sore dan malam hari dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

Memang, berlari di sore hari merangsang produksi melatonin, hormon yang mengaktifkan tidur. Tidak hanya itu, jogging selama waktu ini meningkatkan ritme sirkadian Anda dan memungkinkan Anda untuk tidur di malam hari.

Lari sore juga dapat mendorong tubuh Anda untuk melepaskan endorfin. Hormon ini memperbaiki kondisi hati dan membantu tubuh Anda menjadi lebih rileks.

Bagaimana kalau lari terhadap pagi atau malam hari?

Selain memilih waktu terbaik untuk lari di sore hari, pagi hari juga cocok untuk lari. Jam lari ini juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebenarnya, berdasarkan uraian di atas, waktu yang baik untuk lari di sore hari. Namun, jogging di pagi hari tepat setelah bangun tidur akan membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.Plus, jogging di pagi hari membantu memotivasi Anda untuk berolahraga. Efeknya, rencana latihan pun lebih padat.

Akan lebih mudah menemukan waktu untuk berolahraga di pagi hari karena tidak terhalang oleh aktivitas lain.

Jika Anda bangun pagi untuk berlari, Anda akan dapat mengatur aktivitas hari ini dengan lebih baik.
Jadi jika ada kendala dalam suatu tugas, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya.
Terkadang sore hari adalah waktu yang sangat sibuk bagi banyak orang sehingga sulit untuk menolak momen tersebut. Tentu saja, perlu dicatat bahwa suhu tubuh inti rendah di pagi hari.

Oleh karena itu, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk pemanasan untuk mempersiapkan tubuh Anda berolahraga.

Bagaimana dengan olahraga malam hari? Selain membiasakan bangun pagi, jam ini berdampak negatif bagi Anda.

Berlari di malam hari sebelum tidur dapat mencegah pemulihan otot dan mengurangi fase tidur nyenyak. Ia juga mudah lelah ketika bangun di pagi hari.

Olahraga meningkatkan detak jantung, suhu tubuh, dan kepekaan terhadap rangsangan. Reaksi tubuh ini dapat menyebabkan gangguan tidur tak lama setelah latihan.

Jika Anda tidak berencana untuk berolahraga di malam hari, pastikan Anda selesai setidaknya 90 menit sebelum tidur.

Kapanpun waktunya untuk jogging, latihan kardio ini akan terus menambah nilai kebugaran Anda. Harus diingat bahwa rekomendasi di atas bukanlah aturan yang diperlukan. Masih penting untuk menyesuaikan kepedulian terhadap olahraga dengan jadwal aktivitas dan kondisi fisik.

Berapa selagi jogging yang baik agar lemak terbakar?

Faktanya, waktu aktif yang tepat untuk penggunaan berjalan maksimum sudah diketahui. Namun, tidak ada ukuran standar berapa lama joging yang baik akan bertahan.

Ingatlah bahwa semakin lama Anda berlari, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

Tubuh Anda harus berlari dengan intensitas rendah setidaknya selama 30 menit sebelum mulai membakar lemak.

Anda juga dapat menyimpan intensitas lari Anda hingga mencapai 70-80% dari detak jantung maksimum Anda. Hal ini dapat menyebabkan pembakaran lemak lebih optimal.

Anda dapat melakukan lari intensitas tinggi ini selama 30 menit. Cobalah untuk melakukan latihan ini 5 kali seminggu.

Joging teratur dapat mengambil manfaat dari olahraga jangka panjang dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis.

Hindari jogging sesaat sebelum tidur dan istirahatlah antara olahraga dan tidur untuk menghindari pola tidur yang terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.