Tips & Cara Membersihkan Layar Laptop / PC Secara Benar dan Tanpa Merusak

by -24 Views

Tips & Cara Membersihkan Layar Laptop / PC Secara Benar dan Tanpa Merusakzonatau.com – Bagaimana Cara Membersihkan Layar Laptop? Laptop merupakan barang penting yang banyak diandalkan untuk membantu pekerjaan kita.

Tak jarang, karena tugasnya yang cukup besar, Anda juga menggunakan laptop saat makan dan minum. Tentu saja noda dan kotoran apapun bisa menempel di laptop tanpa kita sadari.

Salah satu aspek yang paling menakjubkan dari laptop modern adalah mereka menyorot layar (monitor) yang jauh lebih mudah dibersihkan daripada versi yang lebih berpengalaman.

Namun, mirip dengan versi lama atau baru, layar laptop tentu saja bisa sangat kotor karena sentuhan jari atau noda. Untuk itu, bagaimana kalau kita lihat cara membersihkan layar laptop yang paling cocok di bawahnya.

Cara Membersihkan Layar Laptop

1. Jangan Sentuh Layar Laptop Secara Langsung

Saat proses pembersihan selesai, usahakan untuk tidak langsung menyentuh layar laptop Anda. Ini karena tangan Anda bisa meninggalkan noda dan sidik jari di layar laptop Anda.

2. Matikan laptop

Sebelum mulai membersihkan laptop, tentunya Anda perlu mematikan laptop terlebih dahulu.

Langkah ini akan menghindarkan Anda dari kemungkinan cacat pada laptop Anda saat proses pembersihan laptop selesai.

3. Bersihkan Dahulu Tanpa Minyak Kayu Putih

Sebelum melakukan cara membersihkan layar laptop, bersihkan terlebih dahulu layar laptop anda dari debu yang ada menggunakan bahan soft spotless tanpa meneteskan minyak kayu putih.

Mengapa tidak ada minyak? Aturannya kurang lebih sama ketika kamu mengepel lantai, dimana kamu perlu menyapu lantai kamu harus menyapu terlebih dahulu.

Tujuannya agar debu yang terkena cairan tersebut tidak meninggalkan bekas setelah dibersihkan dengan cairan pembersih, atau dalam artikel ini berarti dengan minyak kayu putih.

4. Siapkan Kain Halus

Siapkan kain bersih yang memiliki serat halus. Anda juga bisa menggunakan bahan microfiber yang digunakan untuk membersihkan lensa kacamata dan sebagai alat pembersih layar handphone.

Usahakan untuk tidak menggunakan kain yang tidak enak karena bahan ini nantinya bisa mengakibatkan goresan pada layar laptop Anda. Kertas tisu juga bisa digunakan untuk membersihkan layar laptop. Namun, pilihlah kertas tisu yang lembut.

Untuk alasan apa keputusan build up atau kertas tisu itu penting? Pasalnya, layar laptop yang biasanya menggunakan inovasi LCD atau LED ini terbuat dari lapisan yang sangat halus.

Itu sebabnya, menggunakan kertas tisu atau kain yang tidak nyaman dapat menyebabkan goresan pada permukaan layar dengan mudah.

Selain itu, sebagian besar kain dan tisu dibuat untuk menghilangkan banyak kotoran atau debu, dan tidak disarankan untuk menempelkan debu pada permukaan yang halus.

5. Jangan menggosok langsung pada layar laptop

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa minyak kayu putih harus dioleskan terlebih dahulu pada kain yang lembut, padahal minyak kayu putih bisa langsung dioleskan di layar laptop?

Jangan sekali-kali mencoba menyemprotkan cairan atau mengoleskan minyak kayu putih secara langsung pada layar laptop, meskipun dimaksudkan untuk membersihkan layar laptop dari noda.

Jika Anda masih melakukannya, itu justru bisa membuat noda lebih sulit dibersihkan.

Selain itu, mengoleskan minyak kayu putih secara langsung ke layar laptop berpotensi meningkatkan risiko kerusakan pada layar laptop.

Bagaimana bisa seperti itu? Yang pasti, Anda bisa melakukannya di layar CRT yang terbuat dari kaca tebal.

Tapi, apakah benar ada laptop yang layarnya menggunakan inovasi CRT? Tampaknya seiring kemajuan inovasi, sekarang tidak mungkin.

Monitor layar level yang tersedia saat ini menggunakan inovasi LCD (Liquid Crystal Display) atau LED (Liquid Emerald Display), dimana layarnya terdiri dari lapisan yang terbuat dari plastik, kaca, perekat, dan komponen tampilan yang halus dan ramping.

Jika Anda menggunakan minyak kayu putih atau cairan pembersih lainnya saat membersihkan layar, cairan mungkin akan mencapai tepi layar.

Cairan dapat masuk ke layar dengan mudah saat melewati lubang halus rahasia di layar. Ini dapat menyebabkan area yang jelas di layar laptop Anda.

Walaupun nantinya cairan tersebut akan hilang dan daerah yang tidak terisi akan berkurang, namun sisa kerusakannya tetap tidak bisa dihilangkan.

6. Diamkan Dahulu Laptop untuk Sesaat

Setelah membersihkan layar laptop, biarkan layar laptop terbuka selama beberapa waktu. Tujuannya adalah untuk mengeringkan layar laptop Anda sebelum Anda menutup layar laptop sekali lagi.

Setelah layar laptop kering, pastikan tidak ada sisa minyak kayu putih.

Jika Anda menutup layar laptop dalam kondisi layar masih menyisakan minyak kayu putih, maka laptop Anda bisa dirugikan dan bisa menjadi salah satu penyebab laptop mati total.

Ramah ya, selama proses pengeringan, jangan gunakan laptop Anda sampai layar laptop benar-benar kering. Dalam beberapa kasus, biasanya pada layar laptop terdapat noda console yang muncul di layar laptop anda.

Noda biasanya cukup sulit untuk dibersihkan dan sering dialami oleh pengguna laptop.

Memang, untuk mencegah lebih banyak noda muncul, Anda bisa memberikan bahan lembut yang bersih atau kain pembatas yang dapat memisahkan layar laptop dari konsol saat layar laptop ditutup.

7. Bersihkan perlahan

Baiklah, saat ini kita memasuki tahap pembersihan. Usap kain dengan lembut di layar laptop Anda. Cobalah pukulan Anda bergerak dalam satu heading, dari dasar ke atas.

Pastikan Anda tidak menekan layar laptop saat melakukan proses pembersihan, karena aktivitas ini dapat membahayakan layar laptop Anda.

Jika Anda tidak berhati-hati, Anda dapat merusak LCD laptop Anda.

8. Gunakan Kain Basah dengan Minyak Kayu Putih

Basahi kain lembut yang telah Anda susun dengan minyak kayu putih. Cara mencucinya adalah dengan meneteskan minyak kayu putih secukupnya pada bahan tersebut.

Perlu diingat, jangan basahi semua bagian kain yang akan digunakan nanti dan pastikan bahannya selesai meneteskan minyak.

Penutup

Demikian penjelasan kami tentang Cara Membersihkan Layar Laptop/PC Secara Efektif, semoga dapat membantu anda semua.

Banyak terima kasih kepada Anda untuk membaca artikel ini dan ingat untuk membaca dengan teliti artikel kami yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.