Presenter Ruben Onsu belakangan menderita Empty Sella Syndrome

by -16 Views

zonatau.com – Presenter Ruben Onsu belakangan menderita Empty Sella Syndrome

Presenter Ruben Onsu belakangan menderita Empty Sella Syndrome

Empaty Sella Syndrome adalah nama penyakit yang merusak kesehatan presenter Robin Onnes. Inilah gejala penyakit ini.

Presenter Robin Onnes baru-baru ini menderita Sindrom Sera-Foyed, suatu kondisi yang kebanyakan dari kita mungkin tidak menyadarinya. Apa itu sindrom serum kosong? Sindrom sel kosong adalah kondisi langka di mana kelenjar pituitari berkontraksi karena masalah dengan isi tursika.

sella tursika adalah struktur tulang di dasar otak yang mengelilingi dan melindungi kelenjar pituitari. Kelenjar pituitari adalah kelenjar kecil yang terletak di dasar otak di bawah hipotalamus.

Ini adalah bagian dari sistem endokrin yang bertanggung jawab untuk produksi banyak hormon penting. Hormon ini mempengaruhi dan mengatur kelenjar lain dalam sistem endokrin. Kelenjar pituitari yang rata atau mengecil mungkin tidak terlihat pada CT atau MRI scan.

Hal ini membuat daerah hipofisis tampak kosong, maka nama Tungvincera. Namun pada kenyataannya sela turica tidak kosong.

Karena sella turcca sering diisi dengan cairan serebrospinal atau CSF. CSF adalah cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.

Dalam kondisi empty sella, CSF telah bocor masuk ke dalam sella turcica, yang kemudian memberi tekanan pada kelenjar pituitari. Hal ini menyebabkan kelenjar pituitari menyusut atau menjadi rata.

Seseorang bisa mengalami empty sella tanpa gejala apa pun, dan kelenjar pituitari tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Ketika seseorang mengalami empty sella dan kelenjar pituitarinya tidak berfungsi dengan baik, maka kondisi ini disebut empty sella syndrome.

Sindrom adalah sekumpulan tanda dan gejala medis yang berhubungan satu sama lain, dan sering dikaitkan dengan kondisi tertentu. Orang dengan sindrom basement kosong mungkin mengalami ketidakseimbangan hormon, penglihatan kabur dan sering sakit kepala.

Siapa Orang yang Rentan dengan Empty Sella Syndrome?

Sindrom pelana berongga adalah kondisi langka, tetapi anak-anak dan orang dewasa dapat mengalaminya.

Wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk menderita sindrom pelana kosong. Penyakit langka ini juga umum terjadi pada orang gemuk dan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Apa Gejala Kelenjar Pituitari?

Gejala paling umum yang terkait dengan empty sella syndrome adalah sakit kepala kronis.

Selain itu, banyak orang dengan empty sella syndrome juga memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Di mana sakit kepala juga menjadi gejala umum saat tekanan darah meningkat. Empty sella syndrome biasanya menyebabkan ketidakseimbangan hormon karena kerusakan pada kelenjar pituitari.

Untuk itu, seseorang yang memiliki empty sella syndrome, kemungkinan akan mengalami salah satu atau lebih dari gejala-gejala ini:

  • Disfungsi ereksi
  • Keluarnya cairan dari puting
  • Menstruasi tidak teratur, atau malah tidak mengalami menstruasi sama sekali
  • Menurun atau menghilangnya hasrat untuk melakukan hubungan seksual
  • Kelelahan ekstrem
  • Infetrilitas

Sementara, ada juga beberapa gejala yang jarang terjadi pada orang-orang yang mengalami empty sella syndrome, yakni:

  • Meningkatnya tekanan dalam tengkorak
  • Bocornya cairan tulang belakang melalui hidung
  • Pembengkakan di mata
  • Penglihatan menjadi kabur atau buram
  • Seseorang yang mengalami penyakit ini mungkin mengalami kenaikan berat badan. Ini karena hipofisis yang rusak tidak dapat mengeluarkan cukup hormon perangsang tiroid (TSH).

Hormon TSH merangsang kelenjar tiroid untuk melepaskan hormon tiroid, yang mengatur laju metabolisme. Yaitu, proses di mana tubuh mengubah makanan menjadi energi.

Jika kelenjar pituitari tidak melepaskan cukup TSH karena sindrom vakum, kelenjar tiroid mungkin tidak melepaskan cukup hormon tiroid.

Kadar hormon tiroid yang rendah dapat memperlambat metabolisme tubuh dan menyebabkan penambahan berat badan. Apa saja komplikasi dari penyakit ini? Sindrom rumah kosong biasanya tidak mengancam jiwa. Penyakit ini dapat diobati dengan terapi hormon dan terkadang pembedahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.