Perhatikan 4 Cara Menurunkan Tekanan Darah

by -5 Views

zonatau.com – Perhatikan 4 Cara Menurunkan Tekanan Darah

Perhatikan 4 Cara Menurunkan Tekanan Darah4 cara menurunkan tekanan darah. Tahukah Anda bahwa jika tekanan darah Anda melebihi 130/80 mmHg, Anda harus menurunkan tekanan darah Anda? Ada beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah. Nah, dimulai dari pola hidup sehat, diet khusus, bahkan minum obat.

Tekanan darah normal adalah sekitar 120/80 mmHg atau tepat di bawahnya. Ketika tekanan darah lebih tinggi dari angka ini, tekanan darah dikatakan meningkat. Jika tekanan darah mencapai lebih dari 130/80 mm Hg, kondisi ini disebut tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Cara Menurunkan Tekanan Darah

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menurunkan tekanan darah.

1. Menjalani pola makan sehat

Makan makanan sehat seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak, yang dapat menurunkan lemak jenuh dan kolesterol, dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium seperti kentang, pisang, wortel, jeruk dan bayam.

2. Mengurangi stres

Stres yang berkepanjangan atau sering dapat meningkatkan tekanan darah tubuh Anda. Oleh karena itu, disarankan untuk mengelola stres untuk menurunkan tekanan darah.

Anda juga dapat mengelola stres dengan melakukan relaksasi, yoga, meditasi, dan aktivitas yang Anda sukai.

3. Membatasi mengkonsumsi garam

Natrium (Narium) mengandung banyak garam, baik yang berasal dari garam dapur, makanan ringan, makanan kaleng, atau minuman ringan. Jika jumlah natrium dalam tubuh Anda terlalu tinggi, tekanan darah Anda akan meningkat.

Oleh karena itu, penderita tekanan darah tinggi disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam atau mengikuti diet rendah garam. Anda harus tahu bahwa konsumsi harian 1500 hingga 2000 mg sodium dianjurkan untuk orang dewasa.

4. Mengurangi berat badan

Kelebihan berat badan dapat membuat jantung Anda bekerja dengan buruk, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, menurunkan berat badan merupakan cara yang efektif untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah.

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, disarankan agar Anda menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal.

Perlu Anda ketahui empat cara menurunkan tekanan darah, semoga membantu dan jangan lupa jaga kesehatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.