Lagi Viral di Medsos Apa Itu Gender Netral?

by -38 Views

Lagi Viral di Medsos Apa Itu Gender Netral?

zonatau.com – Lagi Viral di Medsos Apa Itu Gender Netral?

Kasus mahasiswa Unhas yang mengaku bukan laki-laki maupun perempuan mendadak buat ‘gender netral’ dicari banyak orang. Ketika itu, mahasiswa bernama Nabil sedang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin (Unhas). Apa arti dari gender netral?
Sebenarnya, gender netral adalah bentuk singkatan dari netralitas gender. Gender netral sendiri merupakan sebuah gerakan di mana jenis kelamin tidak mempengaruhi kegiatan, bahasa, profesi sampai jabatan. Contoh gerakan netral gender adalah toilet umum unisex.

Contoh bahasa yang netral gender adalah penggunaan kata “aktor” sebagai ganti “aktor” dan “aktris”.

Sedangkan untuk kasus yang viral saat ini, kata “non-biner” sepertinya lebih tepat. Non-biner adalah istilah gender yang tidak secara spesifik merujuk pada satu gender, laki-laki atau perempuan. Non-biner mengasumsikan bahwa identitas gender didasarkan pada persepsi internal seseorang.

Samakah gender dengan jenis kelamin?

Nottingham Center for Gender Identity Disorders menyatakan bahwa gender dan gender berbeda. Sementara gender ditentukan oleh kondisi biologis, identitas gender berkaitan dengan bagaimana seseorang memandang identitasnya.

Nonbiner sangat beragam. Nonbiner dapat dibagi lagi menjadi beberapa kelompok. Mereka adalah agender (tanpa gender), besar atau poligami (memiliki dua identitas gender sekaligus), dan genderfluid (memiliki dua atau lebih identitas gender).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.