Kisi Kisi dan contoh soal Psikotes Alfamart Terlengkap Beserta Jawabannya

by -97 Views

zonatau.com – Kisi Kisi dan contoh soal Psikotes Alfamart Terlengkap Beserta Jawabannya

 Kisi Kisi dan contoh soal Psikotes Alfamart Terlengkap Beserta JawabannyaDalam melamar pekerjaan, biasanya kandidat yang lolos tahap administrasi akan dihubungi untuk melakukan tes selanjutnya. Baik itu wawancara atau psikotes akan dilakukan untuk seleksi karyawan kembali. Alfamart salah satu perusahaan yang seringkali membuka lowongan pekerjaan.

Pada pembahasan kali ini, akan dibahas mengenai contoh soal kisi kisi psikotes Alfamart terlengkap beserta jawabannya. Kisi kisi contoh soal ini bisa Anda pelajari untuk Anda yang akan mendaftar kerja di Alfamart.

Pada umumnya, psikotes Alfamart sebenarnya hampir sama dengan Indomaret, sebab keduanya merupakan perusahaan ritel yang bergerak di bidang yang sama. Namun, rupanya ada sedikit perbedaan diantara keduanya dalam hal psikotes.

1. Matematika Bentuk Cerita

Kisi kisi yang pertama ialah soal matematika dasar dalam bentuk cerita. Ini adalah soal matematika yang dibuat dalam bentuk cerita, sehingga akan membuat Anda untuk dapat berpikir kritis dalam menjawabnya. Berikut merupakan contohnya.

Adi merupakan kakak dari Andi yang umurnya 5 tahun lebih tua. Dini adalah kakak Adi dan berbeda 3 tahun. Berapa usia Dini jika saat ini Andi baru saja menginjak usia yang ke-25?
Jawaban: Usia Andi 25 tahun

Usia Adi 25 tahun + 5 = 30 tahun

Usia Dini = 33 tahun

Kiko menabung di bank sebanyak 200 ribu rupiah. Bunga per tahunnya ialah 10%. Maka, jumlah tabungan Kiko setelah 1 tahun lamanya ialah?
Jawaban: Tabungan awal 200 ribu rupiah

Bunga 1 tahun 10%

Bunga 1 tahun = 10% x 200.000 = 20.000

Maka, uang Kiko setelah 1 tahun ialah 200.000 + 20.000 = 220.000

Berapakah usia Sintia 12 tahun ke depan, apabila 2 tahun yang lalu umurnya adalah 22 tahun?
Jawaban: Umur Sintia sekarang = 22 + 2 = 24 tahun

Umur Sintia 12 tahun ke depan = 24 + 12 = 36 tahun

Dua buah lingkaran mempunyai ukuran diameter yang berbeda. Lingkaran A memiliki diameter 20 cm, dan lingkaran B mempunyai diameter 40 cm. Maka, berapa perbandingan luas kedua lingkaran tersebut?
Jawaban: 1:2

Sifa melangkah ke arah utara sejauh 500 cm, kemudian kembali ke arah barat sejauh 12 m. Berapa meterkah jarak posisi Sifa saat ini dan juga posisi awalnya?
Jawaban: 13 m

Kepribadian dan Karakteristik Pribadi

Selanjutnya ada soal kepribadian dan karakteristik pribadi. Tujuan dari adanya soal psikotes ini ialah untuk mengetahui kepribadian dan karakter diri Anda. Dalam bahasa intelektual, soal jenis ini dikenal dengan istilah “tes psikologi”. Berikut merupakan beberapa contoh pertanyaannya.

Saat lampu lalu lintas sudah menyala kembali menjadi hijau, namun ada seorang tua renta yang sedang menyeberang, apa yang akan saya lakukan? Apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami masalah di tempat kerja?
Tidak ada jawaban benar atau salah untuk pertanyaan seperti itu. Setiap jawaban atas pertanyaan tentang kepribadian dan karakteristik pribadi hanya bergantung pada Anda. Karena itu sangat tergantung pada kepribadian Anda.

Namun, seringkali ada pertanyaan yang memiliki banyak kemungkinan jawaban. Disana Anda harus menjawabnya dengan jawaban yang paling pendekati atau sesuai dengan kehendak Anda.

Ketika mengerjakan soal seperti ini, Anda pun tidak perlu mencontek kepada orang lain yang turut mengikuti tes. Karena setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Jadi, ketika mengerjakan soal psikologi, sebaiknya fokus untuk menjawabnya sendiri yang sesuai dengan kepribadian diri Anda sendiri.

Tes Koran/Kraepelin

Contoh soal kisi kisi psikotes Alfamart terlengkap beserta jawabannya ialah tes koran atau kraepelin. Ini adalah soal yang paling sulit untuk dikerjakan dibanding dengan soal-soal lainnya.

Di sana akan ada deretan angka-angka yang tertulis dari atas ke bawah. Tugas Anda di soal ini ialah menjumlahkan angka-angka sesuai dengan kolomnya. Misalnya, Anda akan menjumlahkan antara angka pertama dengan angka yang ada di atasnya (di baris pertama) sampai ada instruksi dari HRD untuk pindah ke baris berikutnya.

Jika belum ada instruksi, Anda dilarang untuk pindah baris dan tetap mengerjakan pada baris pertama. Sebagai tambahan, bilangan yang akan Anda tuliskan harus berupa satuan, namun jika hasilnya adalah puluhan, maka Anda cukup tuliskan angka satuannya saja.

Selain itu, tahapan pengerjaan soal jenis ini juga yang menjadi perhatian besar para HRD. Karena, dari soal-soal ini memiliki nilai yang paling besar, maka dari itu ketika Anda mengerjakan soal tes koran ini, Anda harus mengerjakannya dengan baik, benar dan juga serius.

Matematika Bangun Datar dan Ruang

Contoh soal kisi kisi psikotes Alfamart terlengkap beserta jawabannya selanjutnya ialah matematika bangun datar dan bangun ruang. Di tahapan soal ini, Anda akan menemukan gambar-gambar bangun datar maupun bangun ruang. Di setiap bangun datar, akan terdapat ukuran-ukurannya.

Nantinya Anda akan menghitung luas dari setiap bangun datar tersebut. Begitu pula untuk bangun ruang. Oleh karena itu, pertama-tama kita harus mengetahui rumus luas bidang dan bangun sederhana.

Saat menghadapi masalah ini, Anda juga harus menuliskan langkah-langkah untuk melakukannya. Ini akan membantu menjelaskan lebih banyak kepada HRD bahwa Anda tidak curang atau ditipu. Bahkan, jika Anda menuliskan langkah-langkahnya, HRD bahkan akan tahu cara memperbaiki masalah tersebut.

Soal Figural

Berikut kisi-kisi soal dalam tes Psikologi Alfamart ini terdiri dari soal-soal bergambar. Soal-soal bergambar ini merupakan soal-soal yang memiliki ide strategi dan pemecahan masalah. Soal-soal bergambar juga sering dijumpai pada soal-soal SBMPTN untuk siswa yang mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Mengenai gambar bergambar, gambar, bentuk, dan ukuran yang berbeda akan disajikan kepada Anda. Kebanyakan dari mereka terlihat seperti gambar sederhana tetapi memiliki konsep yang sangat kompleks.

Di soal seperti ini juga Anda harus mengetahui jawaban yang benar dari suatu contoh gambar yang tertera di sampingnya. Untuk mengerjakan soal figural ini, Anda membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan juga kemampuan berpikir kritis yang baik.

Kelihatannya soal figural ini sederhana dan cukup mudah, namun rupanya banyak juga yang terkecoh ketika mengerjakan soal-soal seperti ini. Maka dari itu, Anda perlu rajib berlatih untuk mengerjakan soal figural ketika akan menghadapi psikotes Alfamart.

Dalam proses tahapan penerimaan karyawan baru, banyak perusahaan yang menerapkan psikotes sebagai salah satu metode seleksinya. Anda bisa menemukan banyak contoh soal tes psikologi yang sering ditanyakan saat melamar pekerjaan. Untuk menemukannya, cari di Internet.

Di antara sekian banyak contoh soal yang tersedia di internet, yang dijelaskan di atas adalah kisi-kisi tes psikologi Alfamart dan contoh jawaban terlengkap. Setelah mendaftar dengan Alphamart, Anda dapat mulai berlatih mengajukan pertanyaan tes psikologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.