Berikut ini Cara Mengunci Video di Youtube Agar Tidak Bisa di Download Oleh Orang Lain

by -17 Views

Berikut ini Cara Mengunci Video di Youtube Agar Tidak Bisa di Download Oleh Orang Lainzonatau.com – Bagi seseorang yang berprofesi sebagai pembuat konten, merupakan hal yang patut disyukuri jika video yang dibuat disukai oleh banyak orang. Namun, jika video itu dirasakan oleh orang lain, itu pasti merepotkan.

Tidak ada pengaturan untuk menghindari pencurian konten. Namun dapat dibatasi dengan cara mengunci video di YouTube agar tidak mudah diunduh oleh orang lain.

Mengendalikan Setelan Pribadi Video pada YouTube

Teknik awal mengunci video di youtube agar tidak bisa didownload bisa dicoba dengan mengontrol pengaturan pribadi. Mengubah pengaturan pribadi video YouTube memungkinkan Anda untuk mengontrol di mana konten video muncul dan siapa yang dapat mengaksesnya.

Pengaturan pribadi dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis. Awal, jenis video publik. Jenis ini memungkinkan video untuk dilihat oleh semua orang dan dapat dicari di web pencarian YouTube. Pengaturan publik sebagian besar diatur secara alami oleh pengaturan YouTube. Simbol yang menunjukkan setting publik adalah foto bumi (globe).

Kedua, jenis video unlisted (tidak publik). Dalam jenis ini, video yang ditransfer tidak dapat dilihat atau dicari oleh orang lain. Selain oleh pengguna yang telah diberikan koneksi oleh pemiliknya. Dengan koneksi atau URL yang Anda miliki, pengguna lain dapat mengakses video tersebut bahkan tanpa memerlukan akun Google.

Ketiga, jenis video private (orang). Video yang disetel ke pribadi harus dapat diakses oleh pembuatnya. Video tidak akan muncul di tab penelusuran atau saran. Pengaturan rahasia memungkinkan konten video dibebaskan dari penyalahgunaan oleh individu yang tidak bertanggung jawab.

Strategi mengunci video di youtube agar tidak bisa didownload dengan sistem rahasia di atas dapat dicoba sebagai berikut:

  • Login pada akun YouTube lewat aplikasi YouTube Studio.
  • Buka opsi menu pada sisi sebelah kiri tampilan. Seleksi menu Konten.
  • Seleksi video yang mau diatur ulang pribadi tampilannya.
  • Masuk kotak pengaturan Visibilitas, kemudian seleksi tipe pribadi yang di mau( Publik, Individu ataupun Tidak Publik). Akhiri dengan memencet tombol Simpan.
  • Memakai Aplikasi YouTube Premium

Strategi kedua yang dapat Anda coba adalah merombak rekaman YouTube Anda menjadi premium. Pengguna YouTube premium sebenarnya menikmati banyak keuntungan atas jenis gratis. Tidak hanya terbebas dari iklan saat menonton video, pengguna premium juga memiliki akses tak terbatas di YouTube.

Sebagai pengamat rekaman yang unggul, pengguna dapat mengakses lebih banyak video tanpa batas. Selanjutnya, dapat mengunduhnya untuk ditonton saat terputus tanpa batas.

Jika dilihat dari sudut pandang pembuat konten, pendekatan akun premium mematikan fitur unduhan terputus pada video yang ditransfer. Triknya begini:

  • Login YouTube Premium. Buka studio. youtube. com
  • Pada menu bar sebelah kiri, seleksi Setelan. Setelah itu klik Channel.
  • Sehabis itu seleksi Setelan Lanjutan. Pada bagian Klip, aktifkan centang“ jangan izinkan pemirsa mengambil klip konten aku”.
  • Membagikan Hak Cipta ataupun Lisensi pada Video

Strategi terakhir untuk mengunci video di YouTube agar tidak bisa diunduh adalah dengan membagikan hak cipta atau lisensi.

YouTube menyediakan fitur hak cipta atau lisensi bagi pengguna untuk melindungi hak pemilik pertama video tersebut. Syarat mendasar untuk mengirimkan hak cipta adalah menjadi yang pertama mentransfer video yang dikirimkan.

Itulah beberapa cara mengunci video di youtube agar tidak bisa di download dan diambil oleh orang lain.

Menjaga konten adalah suatu keharusan agar tidak dicuri dan disalahgunakan oleh pihak lain. Tidak ada jaminan 100 persen bahwa video itu akan menyenangkan. Namun dengan melakukan teknik di atas dipercaya dapat sedikit menjaga hak cipta suatu zat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.