Berikut ini Cara Investasi Obligasi bagi Investor Bermodal Kecil

by -8 Views

Berikut ini Cara Investasi Obligasi bagi Investor Bermodal Kecilzonatau.com – Pernahkah Anda memikirkan di mana dana pemerintah digunakan untuk membangun jalan dan infrastruktur lainnya? Selain pajak, badan publik juga mendapat dana dari sumber pinjaman (obligation).

Kredit ini dapat bersumber dari luar negeri (overseas) dan warga negara Indonesia. Anda juga dapat berubah menjadi kreditur administrasi melalui obligasi investasi.

Selain berkontribusi pada peningkatan, Anda dapat memperoleh sedikit keuntungan. Tapi bagaimana caranya? Memang pada artikel kali ini kita akan membahas 3 cara berinvestasi obligasi yang seharusnya bisa dilakukan dengan modal minimal 1 juta rupiah atau bahkan lebih.

Cara Obligasi Investasi Melalui Perusahaan Sekuritas dan Bank

Jika Anda sudah memiliki catatan dengan investasi di divisi sekuritas dari organisasi pembayaran yang tepat, itu dapat segera mengajukan permintaan untuk membuka rekening obligasi. Mulai saat itu, langkah-langkahnya adalah:

  • Perhatikan pembaruan dari perusahaan sekuritas berbagai obligasi yang akan diterbitkan dalam waktu dekat.
  • Jika ada pemberitahuan tentang pelepasan obligasi baru, mintalah prospektus kepada manajer akun Anda. Pertimbangkan tujuan penerbitan obligasi dan skema pembayaran.
  • Lakukan analisis kinerja perusahaan, kelayakan proyek yang didanai oleh obligasi ini, dan sebagainya. Jika Anda merasa prospeknya bagus, maka perhatikan batas waktu penawaran. Periode penawaran obligasi baru biasanya terbatas antara 1-2 minggu, dan Anda dapat memesannya di luar kali ini.
  • Siapkan dana yang cukup untuk memesan obligasi. Untuk obligasi ritel, perusahaan sekuritas dapat menentukan minimum order serendah 1 juta rupiah. Anda dapat memesan untuk 1 juta atau lebih, sesuai dengan kelipatan.
  • Setelah masa penawaran obligasi tiba, segera sampaikan pesanan Anda ke Perusahaan Efek atau bank.
  • Pada akhir periode penawaran, Anda akan diberitahu tentang keberhasilan pesanan obligasi Anda.
  • Biarkan investasi obligasi Anda duduk sambil menunggu pengiriman imbal hasil berkala hingga waktu jatuh tempo datang kemudian.

Pertimbangkan kemungkinan bahwa Anda tidak memiliki rekening investasi di organisasi sekuritas. Anda dapat mendaftar untuk membuka catatan seperti itu. Atau sebaliknya, jika Anda tidak tertarik untuk mengelola sekuritas perusahaan, maka hubungi bank.

Bank umum seperti Bank Mandiri, BNI, dan lain-lain juga sering berperan sebagai agen penjual obligasi. Cukup untuk menyalurkan keinginan untuk mengurus obligasi ke Customer Service (CS) bank kesayangan Anda. Dia akan memberikan instruksi tentang metode bagaimana berinvestasi dalam obligasi melalui bank.

Cara Investasi Obligasi Melalui Agen Penjualan Online

Di era web, apa yang tidak tersedia di web? Penukaran saham bisa di web, dana berlangganan ada di web. Demikian juga teknik Obligasi Investasi tidak perlu diputus seperti pada poin pertama.

Banyak perusahaan inovasi moneter (fintech), perusahaan sekuritas, dan bank mulai menyelidiki penjualan obligasi di web. Pesanan mungkin sebenarnya dilakukan melalui situs web, tetapi juga penggunaan khusus dari investasi.

Misalnya, Anda dapat mengunduh aplikasi Tanamduit di Playstore, dan kemudian mendaftar di web. Peta Situs:

  • Unggah Dokumen verifikasi seperti Kartu Identitas, Nomor identifikasi pajak, dan rekening bank sesuai dengan persyaratan.
  • Klik menu yang tersedia untuk meminta rekening investasi obligasi.
  • Setelah beberapa waktu (antara beberapa jam sampai beberapa hari kerja), Anda akan menerima konfirmasi dapat mulai memesan obligasi yang diinginkan.
  • Perintah masukan Nominal (minimal 1 juta dan dalam kelipatan daripadanya) pada aplikasi, kemudian disimpan dana sesuai dengan pemesanan.

Teknik obligasi investasi ini dapat diselesaikan hanya dengan beberapa klik telepon. Setelah itu, pengembalian sesekali dan dana utama akan dikirim secara alami seperti yang ditunjukkan oleh jadwal ke saldo keuangan yang Anda berikan.

Cara Investasi Obligasi secara tidak langsung melalui Reksa Dana

Kedua obligasi investasi di atas bisa dilakukan jika Anda memiliki stok dasar 1 juta. Namun, bayangkan skenario di mana rencana keuangan investasi adil. Solusinya adalah tetap membayar dana bersama.

Aset umum dengan pembayaran yang tepat adalah sejenis toko bersama yang menginvestasikan tidak kurang dari 80% asetnya dalam obligasi.

Karena standar Reksa Dana didasarkan pada pengumpulan dana publik yang kemudian ditujukan untuk aset investasi tertentu, seolah-olah Anda berkontribusi dengan banyak orang lain untuk membeli obligasi.

Modal awal yang dibutuhkan secara positif lebih rendah. Padahal, saat ini Anda sudah bisa berinvestasi di reksa dana biasa dengan modal dasar 10 ribu rupiah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.