Berikut Ini 9 Cara Mengobati Tumit yang Sering Sakit, Bukan Cuma Obat

by -32 Views

Berikut Ini 9 Cara Mengobati Tumit yang Sering Sakit, Bukan Cuma Obat

zonatau.com – Berikut Ini 9 Cara Mengobati Tumit yang Sering Sakit, Bukan Cuma Obat

Berikut 9 cara mengobati sakit tumit, bukan hanya obat-obatan. Sakit tumit kronis pasti akan mengganggu kesibukan Anda karena istirahat pendek pun bisa sangat intens. Selain membatasi gerakan fisik, nyeri tumit juga bisa berubah dari waktu ke waktu. Selanjutnya, adakah cara yang efektif untuk mengobati sakit tumit?

Bermacam cara mengobati tumit kaki sakit yang efektif

Nyeri tumit biasanya terjadi pada salah satu atau kedua tumit Anda.

Wanita yang suka memakai sepatu hak tinggi sering merasakan sakit pada tumitnya. Orang yang berlari secara teratur merasakan hal yang sama. Hal yang sama berlaku untuk penderita tendinitis (tendonitis). Anda biasanya dapat meredakan nyeri tumit sendiri dengan pengobatan rumahan. Namun, dokter dapat melakukan lebih dari satu perawatan hingga kondisi yang diuji membaik.

Berikut ini sebagian cara mengobati tumit kaki sakit yang sanggup Kamu coba.

1. Minum obat pereda nyeri

Nyeri tumit yang menyebabkan nyeri dapat diobati dengan obat pereda nyeri seperti ibuprofen, parasetamol dan naproxen. Obat ini dapat mencegah dan mengurangi peradangan serta menghilangkan rasa sakit.

2. Bantuan obat suntik

Jika pereda nyeri di atas tidak meredakan nyeri tumit, suntikan kortikosteroid dapat digunakan sebagai gantinya. Mirip dengan penghilang rasa sakit lainnya, suntikan steroid dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Meskipun mereka digunakan sebentar-sebentar untuk mengobati masalah otot, steroid diketahui membantu meringankan kondisi seperti plantar fasciitis dan bursitis, menurut Klinik Cleveland. Namun, perlindungan terhadap suntikan kortikosteroid hanya dapat diberikan oleh dokter atau spesialis.

3. Istirahat pas tumit kaki sakit

Saat Anda merasakan sakit pada tumit, sebaiknya jangan dipaksakan.

Aktivitas. Anda harus beristirahat sampai gejala Anda membaik. Rasa sakit dapat memburuk jika Anda mengabaikan aktivitas dan melanjutkan.

4. Menerapkan cara berlangsung yang baik

Selain kenyamanan, Anda juga harus memperhatikan apakah itu baik atau buruk. Hal ini karena kebiasaan berjalan yang buruk tidak hanya dapat menyebabkan nyeri tumit tetapi juga memperburuk kondisi. Untuk tujuan ini, metode yang baik untuk mengoreksi ketidakseimbangan beban kaki-tubuh harus digunakan.

5. Kompres bersama es batu

Saat beristirahat, Anda bisa mendinginkan tumit dengan es batu yang dibungkus handuk. Es dingin dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Saat tumit mulai terasa sakit, Anda bisa mengompres tumit dua kali sehari dengan es.

6. Pemakaian alat bantu berjalan

Beberapa eksipien digunakan sebagai obat untuk nyeri tumit. Misalnya, bantalan tumit atau sol khusus dapat digunakan untuk mengurangi tekanan pada tumit. Alat ini cocok untuk aktivitas sehari-hari atau olahraga. Pita medis khusus juga dapat digunakan sebagai penyangga tambahan untuk lengkungan atau tumit, kecuali jika diperlukan. Menggunakan belat atau brace multi-orang di malam hari dapat membantu mengurangi rasa sakit yang sering terjadi, terutama di pagi hari. Untuk gejala yang lebih parah, penyangga kaki seperti sepatu dapat mengurangi keparahan kondisi.

7. Latihan peregangan kaki

Meski istirahat sangat dianjurkan, bukan berarti aktivitas fisik tidak bisa dilakukan dalam suasana seperti ini. Ada peregangan kaki khusus yang memperkuat otot betis dan meredakan nyeri tumit, termasuk berjalan dari cabang tumit. Latihan ini dilakukan dengan dua cara berikut. Duduk di kursi, rentangkan kaki di depan Anda dan sentuh kaki Anda dengan tangan. Lakukan gerakan ini 10 kali, menghadap ke dinding dan letakkan tumit kaki yang sakit di belakang kaki lainnya. Selanjutnya, tekuk kaki depan Anda dan sandarkan tubuh bagian atas ke dinding dengan tangan menempel ke dinding. Kemudian gerakkan tubuh Anda ke atas dan ke bawah dan ulangi 10 kali.

8. Terapi fisik

Terapi fisik tertentu, seperti pijat dan terapi ultrasound (USG), dapat membantu memecah perlengketan jaringan lunak yang menyebabkan rasa sakit dan mengurangi peradangan tumit. Agar pengobatan ini efektif, harus dilakukan secara rutin hingga kondisi penyebab nyeri tumit sembuh total.

9. Operasi

Jika perawatan dan perawatan Anda sebelumnya tidak memperbaiki kondisi Anda, operasi adalah pilihan pengobatan terakhir. Operasi ini dilakukan untuk memperbaiki masalah fisik yang mungkin menyebabkan nyeri tumit Anda. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut tentang obat-obatan dan cara mengobati taji tumit berdasarkan kondisi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.