Berikut Cara Mengobati Flu yang Mudah, Lengkap dengan Penyebab & Gejalanya

by -19 Views

Berikut Cara Mengobati Flu yang Mudah, Lengkap dengan Penyebab & Gejalanya

zonatau.com – Berikut Cara Mengobati Flu yang Mudah, Lengkap dengan Penyebab & Gejalanya

Cara sederhana mengobati flu, beserta penyebab dan gejalanya. Flu atau flu merupakan salah satu penyakit yang diderita oleh semua orang. Influenza adalah penyakit yang tidak berbahaya, tetapi pasien tidak boleh meremehkan atau mengabaikannya. Meski tidak berbahaya, gejala yang memang terjadi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengobati flu dengan cara yang sederhana dan alami, tanpa efek samping.

Gejala awal flu yang umum termasuk banyak dahak atau lendir dan hidung tersumbat atau tersumbat. Dengan gejala yang lebih parah, Anda cenderung kehilangan indra penciuman. Jadi, untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu tahu cara menyembuhkan flu dengan teh herbal seperti jahe, chamomile, dan lemon.

Influenza juga merupakan penyakit menular yang menyerang tenggorokan, hidung, dan paru-paru. Maka cara menyembuhkan flu bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang bernilai gizi tinggi seperti madu dan sop ayam, agar Anda selalu rajin berkumur dan membersihkan hidung.

Mengenal Penyakit Flu

Influenza adalah penyakit yang berinteraksi dengan inhalasi yang dapat menginfeksi virus influenza. Infeksi virus flu menyebabkan satu atau lebih gejala, seperti demam, sakit kepala dan nyeri tubuh, batuk, pilek atau hidung tersumbat. Kondisi kesehatan ini menempatkan Anda pada risiko komplikasi serius.

Di dalam lebih dari satu persoalan, penyedia layanan kesegaran Kamu kemungkinan menyarankan sehingga Kamu diuji untuk influenza, yang sanggup mengenakan tak terhitung tes untuk mendiagnosis flu. Pengujian reaksi berantai polimerase (Pcr) jadi lebih generik di tak terhitung tempat tinggal sakit dan laboratorium. Tes ini sanggup dilaksanakan waktu berada di kantor penyedia layanan kesegaran atau di tempat tinggal sakit. Tes PCR lebih sensitif daripada tes lain dan barangkali mampu mengidentifikasi strain influenza.

Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin merekomendasikan tes flu, yang menawarkan berbagai tes untuk mendiagnosis flu. Pengujian reaksi berantai polimerase (PCR) menjadi lebih umum di banyak rumah sakit dan laboratorium. Tes ini dapat dilakukan di kantor penyedia layanan kesehatan atau di rumah sakit. Tes PCR lebih sensitif daripada tes lain dan mungkin dapat mengidentifikasi strain influenza.

Penyebab dan Gejala Flu

Sebelum mengetahui cara mengobati flu, sangat penting untuk mengetahui gejala dan penyebab yang dapat menyebabkan flu.

a. Penyebab Flu

Mengetahui penyebabnya adalah mengetahui cara mengobati flu yang buruk. Penderita pilek atau flu biasanya berjalan kaki karena udaranya yang sangat dingin. Namun, penyebab flu bukanlah cuaca dingin, melainkan infeksi yang disebabkan oleh virus.

Ada lebih dari 200 jenis virus yang dapat menyebabkan flu, tetapi virus flu dapat menyebabkan flu. Influenza A, B dan C adalah bentuk paling umum yang menginfeksi manusia. Influenza A dan B bersifat musiman (kebanyakan orang tertular di musim dingin) dan memiliki gejala yang lebih parah. Meskipun influenza C tidak menyebabkan gejala yang parah dan tidak musiman, jumlah masalah tetap kurang lebih sama selama bertahun-tahun.

b. Gejala Flu

Gejala flu muncul dengan sangat cepat dan dapat meliputi:

  • Kenaikan suhu secara tiba-tiba
  • Badan pegal dan lelah Batuk kering dan sakit tenggorokan.
  • Sakit kepala dan sulit tidur. kehilangan nafsu makan dan diare.
  • Demam dan menggigil. – pegal-pegal
  • Hidung berair atau tersumbat

Cara Mengobati Flu

1. Cuka Apel

Flu mudah diobati. Anda dapat menggunakan cuka sari apel, yang memiliki sejumlah manfaat yang telah terbukti, termasuk obat flu. Namun, Anda harus berhati-hati dengan kandungannya agar tidak berubah maksimal saat menyembuhkan flu.

2. Garam

Cara mengobati flu secara alami dan tidak menimbulkan efek samping adalah garam, yang juga didukung oleh sejumlah penelitian medis. Berkumur dengan air garam dapat membantu melonggarkan lendir di hidung dan tenggorokan.

3. Bawang Putih

Cara mudah untuk mengobati pilek ringan dengan bahan-bahan yang tersedia adalah dengan menggunakan bawang putih, yang mengeluarkan bakteri. Langkah-langkahnya sangat sederhana. Cukup potong, aduk dan tambahkan ke hidangan favorit Anda untuk dikonsumsi.

4. Gunakan Salep

Perawatan untuk flu termasuk mengoleskan salep mentol atau minyak kayu putih di bawah hidung untuk menghubungkan saluran udara dan memperbaiki kulit yang teriritasi. Menthol dan eucalyptus mengandung zat yang menyebabkan kesemutan ringan dan membantu meredakan sakit hidung.

5. Madu

Madu juga dapat digunakan untuk mengobati flu karena merupakan cara tradisional untuk mengobati batuk, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Sebuah studi baru-baru ini oleh para peneliti di Universitas Oxford menemukan bahwa madu adalah alternatif yang efektif untuk antibiotik dan bahkan dapat mengobati masalah pernapasan umum.

6. Sup Ayam

Cara menyembuhkan flu dengan makan sup ayam yang dipercaya bisa menyembuhkan flu karena sifatnya yang menghangatkan. Selain itu, jumlah vitamin dan mineral yang tersedia dapat mendukung proses pemulihan, serta meredakan kemacetan jalan napas.

7. Jahe

Pilek dapat diobati dengan jahe, yang memiliki sifat menghangatkan dan antibakteri. Dengan kandungan jahe yang tinggi, ini membantu menenangkan saluran udara saat pilek. Jahe juga memiliki kemampuan yang kuat untuk mengeluarkan racun berlebih dari tubuh.

8. Teh Herbal

Terakhir, Anda bisa mengobati flu dengan mengonsumsi ramuan dalam teh herbal yang tidak hanya menyembuhkan pilek tapi juga batuk. Teh herbal ini bisa berbahan dasar jahe, chamomile atau lemon. Jahe membantu meringankan kemacetan saluran napas, chamomile memiliki sifat antivirus dan antibakteri dan menenangkan, dan lemon mengandung vitamin C, yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

9. Berkumur

Cara mengobati flu selanjutnya adalah dengan menyikat gigi sebagai cara mengobati pilek. Berkumur dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan meredakan pilek. Obat kumur dengan bahan astringent siap digunakan untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

10. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Anda dapat mengobati flu dengan mengonsumsi makanan yang berperan sebagai agen antivirus. Ada makanan bergizi dan antivirus seperti pisang, paprika, beri, wortel, cranberry, mustard atau lobak, bawang dan teh hitam.

11. Minuman Hangat

Obat flu juga sangat sederhana, dengan minuman hangat untuk meredakan hidung tersumbat, mencegah kehilangan cairan, dan menenangkan selaput lendir yang meradang dan tidak nyaman di hidung dan tenggorokan.

12. Membersihkan Hidung

Obat flu juga bisa diatasi dengan membersihkan hidung secara rutin daripada menghisap lendir ke kepala dan mengeluarkannya secara paksa dari hidung. Tekanan dapat mendorong bakteri pembawa lendir ke dalam saluran telinga, menyebabkan sakit telinga.

13. Minum Tak terhitung Cairan

Cara Mengobati Flu Anda dapat mengalahkan flu dengan meminum minuman tanpa henti seperti air putih, jus dan sup panas untuk mencegah kehilangan cairan.

14. Istirahat

Dengan tidur lebih banyak, dapat mendukung sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi. Tergantung pada gejala yang Anda alami, tingkat aktivitas Anda mungkin perlu diubah. Karena itu, tidur yang baik justru membantu tubuh tetap sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.