7 Tips Untuk Mencerahkan Wajahmu Secara Mudah

by -4 Views

 7 Tips Untuk Mencerahkan Wajahmu Secara Mudah

zonatau.com – 7 Tips Untuk Mencerahkan Wajahmu Secara Mudah

7 Cara Memutihkan Wajah Kulit glowing merona adalah dambaan setiap orang. Begitu sedikit orang yang melakukan berbagai jenis perawatan dan menggunakan produk perawatan wajah yang mahal untuk membuat kulit mereka bercahaya.

Meski tidak mahal, produk perawatan wajah pencerah wajah yang mengandung bahan seperti niacinamide (vitamin B3) dapat membantu mempercepat pembaharuan sel di permukaan kulit dan mengurangi munculnya garis halus.

Cerahkan Wajahmu dengan Cara Berikut

Ada beberapa cara mencerahkan wajah secara alami yang sangat efektif, lebih terjangkau, dan relatif aman dibandingkan menggunakan perawatan kecantikan atau produk perawatan kulit tertentu.

1. Cuci muka secara teratur

Wajah yang bersih adalah kunci kulit yang bersinar dan sehat. Cuci muka secara rutin, minimal dua kali sehari, pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari setelah bangun tidur. Usahakan untuk menggunakan sabun yang lembut saat mencuci muka agar tidak mengiritasi kulit wajah.

Tentunya disarankan untuk membersihkan wajah setelah berolahraga atau jalan-jalan di luar ruangan untuk menghilangkan bakteri dan keringat berlebih dari wajah. Setelah mencuci muka, gunakan pelembap kulit agar tetap lembab dan bercahaya.

2. Konsumsi makanan yang baik untuk kulit

Agar kulit wajah Anda terlihat lebih bersinar, sebaiknya Anda mengonsumsi lebih banyak makanan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit, seperti:

  • Protein, terutama kolagen
  • Lemak sehat, seperti asam oleat dan omega-3
  • Zinc
  • Berbagai macam vitamin, antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E
    Antioksidan.

Nutrisi ini ditemukan dalam makanan bergizi tinggi seperti kangkung, bayam, rumput laut, ikan, telur, alpukat, dan yogurt.

Agar kulit tetap sehat dan bersinar, cobalah untuk membatasi asupan makanan olahan atau makanan tinggi gula, lemak, dan radikal bebas. Selain itu, hindari penggunaan alkohol atau kafein yang berlebihan, karena dapat mengeringkan kulit Anda.

3. Lindungi wajahmu dari sinar matahari

Hindari paparan sinar matahari di siang hari, termasuk sinar ultraviolet (UV). Sinar UV paling kuat antara pukul 11:00 dan 15:00. Paparan sinar UV yang sering dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, dan bahkan peningkatan risiko kanker kulit.

Namun, jangan biarkan hal ini mengganggu aktivitas siang hari Anda. Kenakan pakaian lengan panjang, kacamata hitam, dan topi, serta jangan lupa mengoleskan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

4. Istirahat yang cukup

Tidur adalah proses alami tubuh untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas ini bisa meningkat jumlahnya saat tubuh sering stres, terpapar sinar matahari, terpapar polusi dan asap rokok. Saat tidak tidur, kulit wajah kusam dan muncul garis-garis halus serta lingkaran hitam di sekitar mata (mata panda).

Pastikan Anda tidur setidaknya 7-9 jam sehari dan hindari konsumsi makanan berat atau kopi 6 jam sebelum tidur untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

5. Kelola stres

Stres tidak hanya membuat kulit Anda tegang, tetapi juga meningkatkan risiko masalah kulit seperti jerawat.

Jadi, Anda perlu mengelola stres Anda untuk memiliki kulit yang bersih dan sehat. Stres dapat dikelola dengan berbagai cara seperti olahraga teratur, hobi, relaksasi, yoga atau meditasi.

6. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur tidak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga menjaga kekenyalan kulit wajah sehingga membuat kulit tampak bercahaya dan awet muda. Jadi lakukan olahraga ringan seperti jogging secara rutin minimal 30 menit setiap hari.

7. Gunakan Skincare

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan alami seperti minyak zaitun, lidah buaya dan kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari paparan bakteri dan zat berbahaya. Selain itu, bahan-bahan alami tersebut diketahui ampuh untuk mengatasi jerawat dan sering digunakan sebagai makeup remover.

Biarkan lapisan tipis minyak kelapa di wajah Anda semalaman dan cuci lagi keesokan harinya.

Selain langkah-langkah di atas, Anda bisa memutihkan wajah secara alami dengan tidak merokok atau menghindari asap rokok. Kandungan racun rokok dan asapnya dapat cepat kering, kusam dan merusak kulit.

Karena setiap jenis kulit wajah berbeda, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan cara mencerahkan wajah secara alami di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.