5 Tips Investasi Jangka Panjang Yang Perlu Dicoba

by -38 Views

5 Tips Investasi Jangka Panjang Yang Perlu Dicoba

zonatau.com – 5 Tips Investasi Jangka Panjang Yang Perlu Dicoba

5 contoh investasi jangka panjang untuk dicoba. Berikut penjelasan lengkap yang bisa dibaca.

Investasi adalah salah satu aspek terpenting dari sistem pengaturan keuangan pribadi. Investasi memberikan passive income yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti: B. Untuk membeli rumah, untuk membiayai pendidikan anak, atau untuk dana pensiun agar hari tua lebih nyaman.

Jika Anda sedang mempelajari cara berinvestasi, Anda mungkin pernah mendengar tentang investasi jangka panjang dan jangka pendek. Apakah anda sudah tahu perbedaan antara keduanya? Jika demikian, sudahkah Anda memutuskan jenis investasi mana yang lebih cocok untuk target keuangan Anda?

Memahami Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang bisa menjadi pilihan terbaik jika Anda ingin menyiapkan sejumlah dana untuk kebutuhan masa depan. Dalam artikel Ini, OK! Bank akan membahas apa itu investasi jangka panjang dan jenis investasi jangka panjang apa yang dapat Anda pilih.

Jika Anda bingung tentang investasi apa yang benar, pertimbangkan informasi tentang contoh investasi jangka panjang dalam artikel ini.

Investasi jangka panjang adalah bentuk investasi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Tidak seperti investasi jangka pendek yang biasanya bisa lunas dan menunjukkan hasil dalam beberapa bulan, investasi jangka panjang biasanya baru bisa diapresiasi setelah beberapa tahun. Biasanya, periode ini bisa 5 tahun atau lebih.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda berinvestasi begitu banyak? Padahal, tujuan investasi jangka panjang adalah untuk memenuhi kebutuhan masa depan.

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tujuan dari investasi jangka panjang adalah untuk memenuhi kebutuhan finansial yang akan muncul di masa depan. Selain itu, apa perbedaan tujuan investasi jangka panjang dengan jenis investasi jangka pendek lainnya?

Tujuan investasi jangka panjang meliputi:

Dapatkan lebih banyak pendapatan pasif untuk periode investasi yang lebih lama.
Ini mencapai banyak tujuan keuangan pribadi atau keluarga yang membutuhkan biaya yang sangat tinggi, seperti membeli rumah, membayar pendidikan anak, menikah, dan hidup sampai usia pensiun.
Penyimpanan jangka panjang langsung agar dana pribadi tidak digunakan sebelum waktunya.
Ini melindungi nilai mata uang dari penurunan parah yang disebabkan oleh inflasi dan perubahan lain dalam kondisi ekonomi.

5 Jenis Investasi Jangka Panjang

Berikut ini, ada 5 contoh investasi jangka panjang paling populer:

1. Investasi Logam Mulia (Emas)

Contoh pertama dari investasi jangka panjang adalah emas. Anda tahu bagaimana harga emas terus naik setiap tahun, bukan?

Kenaikan harga emas yang stabil ini menjadikannya salah satu investasi jangka panjang yang paling populer.

Baca Juga: 5 Manfaat Menjalankan Bisnis Online di Era Digital yang Berkembang

Emas juga merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang belajar berinvestasi. Anda hanya perlu mengawasi harga emas saat mulai turun dan menahannya dalam jangka waktu yang lama sekitar 5-10 tahun.

2. Investasi Saham

Saham merupakan salah satu bentuk investasi berupa bukti kepemilikan atas suatu aset atau modal perusahaan tertentu. Banyak perusahaan besar yang menjual sahamnya kepada masyarakat agar dapat menginvestasikan modalnya untuk mengembangkan usahanya.

Ketika Anda membeli saham sebagai investor, Anda pasti akan mendapat untung. Membeli saham dapat memberi Anda pengembalian yang tinggi. Namun harus dipahami bahwa saham memiliki tingkat risiko yang sangat tinggi (high risk, high reward) karena keuntungan yang diperoleh juga tinggi.

3. Investasi Reksa Dana

Pilihan investasi jangka panjang berikutnya yang bagus bagi mereka yang baru mulai belajar bagaimana berinvestasi adalah reksa dana. Sarana investasi ini melibatkan pihak ketiga yang mengelola dana yang Anda investasikan. Karena Anda tidak harus mengelola reksa dana sendiri, nilai investasinya biasanya lebih stabil daripada saham.

Reksa dana kemudian dikelola oleh manajer investasi untuk listing di pasar modal. Oleh karena itu dana investasi membuat investasi menjadi lebih mudah karena sudah ada pihak yang membantu mengelola dana yang Anda investasikan.

4. Investasi Properti

Rumah, tanah atau bangunan lainnya adalah real estate yang dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Harga real estat terus naik setiap tahun, tetapi Anda dapat melihat peningkatan besar dalam 10 tahun terakhir, sehingga manfaat dari investasi jangka panjang ini sangat tinggi.

Jika Anda mulai membeli real estat sekarang, harga real estat pasti akan naik dalam 10 tahun ke depan. Anda hanya perlu memahami bahwa untuk berinvestasi di real estate Anda juga membutuhkan modal yang sangat besar.

5. Setoran Investasi

Salah satu investasi jangka panjang yang paling mudah bagi investor baru adalah deposito. Deposito adalah instrumen investasi yang memerlukan sejumlah dana untuk disimpan di bank dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Salah satu jenis deposito yang paling populer untuk investasi adalah deposito berjangka. Manfaat yang diperoleh melalui deposito berjangka juga lebih besar dibandingkan tabungan biasa karena tingkat bunga yang lebih tinggi.

Selain suku bunga yang lebih tinggi, deposito berjangka juga lebih aman dibandingkan tabungan biasa. Dengan alat investasi ini, Anda dapat menyimpan sejumlah uang dalam jangka waktu yang disepakati oleh bank.

Anda tidak dapat menarik uang yang ditempatkan di sana selama periode investasi. Jika Anda menarik sebelum tanggal jatuh tempo, Anda akan dikenakan penalti.

Depo bisa menjadi pilihan yang aman bagi Anda yang ingin memulai investasi. Selain prosesnya yang mudah, risiko dari investasi ini sangat rendah dan return yang Anda dapatkan juga sangat menguntungkan. Oke! Bank sendiri menyediakan layanan deposito berjangka bagi seluruh calon nasabah yang ingin berinvestasi. Hubungi kami hari ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang layanan deposito berjangka kami. Demikian informasi yang dapat kami berikan dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.