5 Tempat Wisata di Situbondo 2021

5 Wisata Situbondo yang wajib sobat ketahui.

Situbondo terletak di bagian pesisir utara pulau Jawa Timur, dengan letak yang strategis ditengah jalur Jawa-Bali. Situbondo mempunyai pelabuhan penarukan yang dibuat oleh jaman belanda tempo dulu ujung timur dari raya pos Anyer-Panarukan di provinsi Jawa Timur.

Inilah beberapa wisata Situbondo yang masih alami dan dilestarikan oleh masyarakat Situbondo.

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran – terletak di ujung timur Situbondo perbatasan dengan Banyuwangi, berada di kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Taman nasional ini terdiri dari beberapa vegetasi hutan musim, hutan pantai, sabana, hutan pegunungan bawah, dan hutan rawa, kalian bisa mengajak keluarga untuk menikmati keindahan alam yang sangat indah untuk dinikmati bersama, jangan lupa membawa kamera yang bagus untuk dokumentasi foto bersama keluarga besar kalian. Untuk tiket masuk Taman Nasional Baluran Situbondo tarif untuk hari biasa  Rp. 15.000. dan hari libur atau besar Rp. 20.000- Rp. 25.000.

2. Kampung Blekok

Kampong Blekok berada di bagian pesisir Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo, Jawa Timur. Kabupaten Situbondo menetapkan Kampoeng Blekok sebagai kawasan ekowisata mangrove dan burung air, Burung Blekok adalah jenis burung yang hampir habis habitatnya, dengan adanya penembakan liar oleh oknum yang tidak bertanggungjawab atas berkurangnya Burung Blekok Kabupaten Situbondo memberikan solusi untuk melestarikan Burung Blekok dengan membuat ekowisata Kampong Blekok agar burung tersebut tetap bisa terlindungi populasinya. Tarif Kampong Blekok Rp. 5.000 harga hari libur Rp. 7.000, dengan tarif  yang sangat super murah kalian sudah menikmati sebuah pemandangan alam yang tiada duanya. Tidak hanya melihat Burung Blekok kalian bisa menikmati keindahan pantai dan laut yang biru di Kampong Klekok.

3. Kampong Kerapu

Kampong Kerapu terletak di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo, Jawa Timur, untuk posisi wisata Kampomg Kerapu mudah ditemukan karena bersebrangan dengan jalan raya, untuk kalian yang pernah ke Situbondo pastinya sudah tidak asing lagi dengan Kampong Kerapu. Wisaya yang dulunya adalah penangkaran ikan kerapu, sekarang disulap menjadi tempat wisata Kampong Kerapu. Tarif masuk Rp. 12.000, wisata Kampong Kerapu ini sering dikunjungi pada malam hari untuk menikmati surutnya air laut yang diterangi oleh lampu-lampu di kawasan tersebut, jika kalian melakukan perjalanan ke Bali sempatkan berhenti sejenak di Kampong Kerapu untuk menikmati keindahan alamnya.

4. Pantai Dubibir

Pantai Dubibir berada di pesisir, Ketah, Suboh, Situbondo, Jawa Timur. Pengelohan Pantai Dubibir diolah masyarakat pesisir Ketah, untuk keindahan masih alami karena berada dilingkungan pantai. Ada bagian yang di tambah seperti jembatan untuk berfoto dan masih banyak lagi. Untuk masuk Pantai Dubibir kalian hanya cukup membayar tiket seharga Rp. 5.000 dengan biaya parkir Rp. 2.000 .

5. Pantai Tampora

Pantai Tampora berada dilokasi di Kalianget, Kec. Banyuglugur, Kab. Situbondo, lebih tepatnya berada diujung barat Situbondo. Pantai Tampora masih alami, dimana terdapat banyak binatang liar yang ada disana, salah satunya seperti kawanan monyet dan suara burung berkicau. Saat berada di Pantai Tampora pemandangan laut dan gunung sangat terlihat jelas dan luar biasa. Gunung yang berada di sisi timur Situbondo akan terlihat lebih menawan, dari sini juga dapat terlihat PLTU paiton Probolinggo.
Di Pantai Tampora juga tersedia beberapa tempat café, dan warung makan. Untuk tarik masuk ke Pantai Tampora hanya Rp. 5.000 saja per orang, murah banget kan sobat. Zona penasaran dengan wisata yang harga tiket super murah, mainlah ke Situbondo.

Itulah 5 wisata yang berada di Kabupaten Situbondo, bukan hanya itu masih banyak wisata lainnya yang masih alami. Mari kunjungi wisata-wisata Situbondo yang belum pernah sobat kunjungi.

Author R

Terima kasih sudah berkunjung di Zonatau.com Follow juga Instagram dan Twitter Zonatau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.