Mengintip Indahnya Pantai Pacar Tulungagung

Pantai Mantan! eh bukan ya?. Pantai Pacar Tulungagung, betul sobat Zota yang kita bahas kali ini adalah Pantai Pacar, salah satu pantai di Tulungagung. Pantai Pacar berada di desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, juga berdekatan dengan Pantai Molang. Pantai Pacar ini memiliki pasir berwarna coklat diserai beberapa serpihan hingga bongkahan batu karang dari yang kecil hingga besar. Saat musim hujan uniknya di Pantai Pacar ini sobat bisa menikmati air terjun mini setinggi 3 meter.

Rute Jalan Pantai Pacar

Akses menuju Pantai Pacar apabila dari Tulungagung menuju Kecamatan Ngunut. Di pertigaan Pasar Ngunut, belok ke kanan hingga mentok di pertigaan Pasar Panjerejo. Di pertigaan Panjerejo, belok kiri. Tiba di peritgaan pertama belok kanan mentok. Belok kanan lagi, hingga sampai di pertigaan besar. Dari pertigaan besar itu belok kiri hingga tiba di Desa Pucanglaban. Setibanya di Desa Pucanglaban, lurus saja menuju tambak udang. Nah Pantai Pacar ini bersebalahan dengan bangunan pompa air laut untuk tambak udang.

Akses Kendaraan

Jalan menuju ke Pantai Pacar ini lumayan sempit, jadi hanya sepeda motor, dan beberapa jenis mobil saja yang bisa menuju pantai ini. Sobat juga perlu berhati-hati jalan disekitar tambak banyak yang rusak.

Harga Tiket Masuk Pantai Pacar

Harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari biasa, hari libur nasional, atau hari minggu. Berikut kami sertakan daftar harga tiket masuk ke area Kab Tulungagung. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Saat weekday (senin-jumat), harga tiket masuk Pantai Pacar adalah Rp 3000/orang.
Sementara saat weekend (sabtu-minggu), harga tiket masuk Pantai Pacar adalah Rp 5000/orang.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Nah saat berlibur ke Pantai Pacar ini kamu bisa melakukan beberapa hal asik di bawah ini:

1. Mandi di bawah air terjun mini. Sungai yang mengalir ini berasal dari mata air lho. Jadi lumayan nyegerin saat dibuat mandi. Ya semoga saja keasrian dan kebersihan sungai ini tetap terjaga ya.

Mengintip Indahnya Pantai Pacar Tulungagung

NB : aliran air terjun ini hanya deras saat musim penghujan.

 

2. Bermain air laut atau air sungai. Jika kamu gak bawa baju ganti untuk mandi di air terjun, maka kegiatan ini bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa jenuh hehe…. Kamu bisa cuci muka atau merendam kakimu di aliran sungainya. Namun tetap berhati-hati dengan ombak besar ya…

Mengintip Indahnya Pantai Pacar Tulungagung

 

3. Camping di sekitar air terjun. Nah, di pantai ini kamu juga bisa camping lho. Tepatnya di pinggiran sungai di atas air terjun terdapat tanah lapang yang cukup buat bikin tenda atau sekedar bakar-bakar. Tapi tetap jaga kebersihan ya…

Mengintip Indahnya Pantai Pacar Tulungagung

 

4. Berfoto narsis. Bagi sobat Zota yang hobi foto-foto pantai ini adalah pilihan yang tepat karena selain pemandangan yang begitu indah disini juga masih sepi pengunjung jadi leluasa untuk berfoto-foto.

Mengintip Indahnya Pantai Pacar Tulungagung

 

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di Pantai Pacar ini antara lain: Tempat Parkir, Kamar Mandi, dan Warung.

 

Tips Saat Berkunjung ke Pantai Pacar

1. Jika cuaca memburuk, segera naik ke atas agar tidak terseret ombak besar.

2. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.

3. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga sekitar.

4. Gunakan sandal anti selip agar tidak mudah terpeleset.

 

Tunggu apalagi?, yuk ajak anggota keluargamu untuk berlibur ke Pantai Pacar Tulungagung!. Semoga informasi ini dapat bermanfaat… Terima kasih.

Follow Instagram @Hera_Vernando

Leave a comment