7 Trik Jauhi Narkoba, Say No To Drugs!

Bahaya Narkotika

Halo sobat zota. Menurut sobat apa sih narkotika itu ?. Biasanya sobat sudah pernah dapat penyuluhan tentang narkotika dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau di Sekolah Menengah Atas (SMA).

Narkoba atau narkotika adalah obat-obat yang di larang, dan sangat berbahaya untuk kesehatan dan bisa langsung menyerang sel saraf pada diri kita. Badan Narkotika Nasional (BNN) melarang keras penggunaan obat-obat tersebut karena bisa membuat orang kecanduan dan tidak bisa berhenti memakai obat tersebut. Hingga saat ini penyebaran narkotika tidak bisa di cegah lagi, entah dari masyarakat sendiri atau dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Narkotika banyak di salah gunakan oleh remaja terutama di kalangan artis atau selebriti, narkotika sendiri banyak jenis-jenisnya dan banyak efek sampingnya, alasan dari pemakai adalah untuk menghilangkan benak fikiran atau masalah dalam kehidupan sehari-harinya. Orang yang sudah pernah memakai narkotika akan berulang ulang memakai obat-obatan terlarang itu, karena efek dari narkotika membuat orang tersebut bisa kecanduan, ketika seorang pecandu tidak memakai narkoba akan berdampak pada tubuhnya yang akan rasa kesakitan, meriang, seluruh badan akan gemetar, wajah yang pucat, susah tidur, mudah emosi, mata memerah, dll.

Kalau sobat pernah mencoba narkotika atau punya temen pemakai narkotika yang saat ini masih belum berhenti memakai, Tim Zonatau punya tahapan dan trik untuk bisa menghindari obat-obatan terlarang tersebut. Namun alangkah baiknya jika melakukan rehabilitas langsung oleh para ahli.

Tips dan trik versi Zonatau untuk menghindari narkoba, antara lain ;

Hindari pergaulan bebas
1. Hindari pergaulan bebas

Pergaulan bebas bisa menjerumuskan sobat kedalam lembah hitam (narkoba). Kita harus bisa memilih teman dalam bergaul. Karena lewat teman narkoba bisa berkomunikasi dengan sobat, itu kalau sobat gampang mengikuti alur teman yang memakai narkotika sih.

Pengawasan orang tua
2. Pengawasan orang tua

Orang tua berperan penting dalam pencegahan narkotika, harus ada pengawasan dalam aktifitas yang dilakukan anaknya. Dijaman sekarang banyak orang tua yang tidak terlalu memperdulikan pergaulan anaknya apalagi jika anaknya sudah melewati masa puber.

Memilih lingkungan yang tepat
3. Memilih lingkungan yang tepat

Lingkungan sangat mudah dimasukin oleh pengedar narkoba adalah lingkungan seperti diskotik atau warung remang-remang, sobat harus paham dengan lingkungan seperti itu agar tidak ikut terjerumus.

Jangan pernah tergoda
4. Jangan pernah tergoda

Setiap orang pasti pernah tergoda dengan suatu barang yang belum pernah dicoba, rasa penasaran pasti datang dan selalu ada keinginan untuk mencoba.

Lakukan hal yang positif
5. Lakukan hal yang positif

Hal positif sangat membantu sobat untuk tidak mencoba obat-obatan terlarang. Lakukan hal positif seperti membaca buku, memancing, main bola, atau ngerjain tugas skripsi (bagi yang semester akhir wkwk).

Selesaikan masalah
6. Selesaikan masalah

Selesaikan lah masalah dan jangan pernah menjauhi masalah. Karena dengan menjauhi masalah yang belum terselesaikan, sobat bisa saja menggunakan narkotika untuk penenang atau sekedar pelupa sesaat dari semua masalah sobat.

Selalu saling mengingatkan
7. Selalu saling mengingatkan

Selalu saling mengingatkan baik kepada keluarga maupun teman tentang bahayanya narkotika untuk tubuh kita.

Itulah beberapa tips yang perlu dilakukan oleh sobat zota untuk menghindari narkotika dilingkungan sobat. Namun tips atau trik diatas tidak akan ampuh jika tidak didasari dengan niat yang kuat. Tetap sehat selalu ya sobat, dan selalu pantau terus portal kesayangan kita ini. SAY NO TO DRUGS sobat!

Author Hakiki

Terima kasih telah berkunjung...

Leave a comment