Begini Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar Secara Mudah Dan Cepat

Beberapa orang atau penulis konten biasanya mengupload sebuah gambar dengan ukuran dibawah 100kb, bermaksud untuk membuat proses upload menjadi cepat atau untuk berhemat media penyimpanan seperti hosting yang terbatas kapasitas penyimpanannya sehingga proses load pada setiap halaman jadi lebih cepat.

Jika kita ingin memperkecil ukuran file gambar seperti JPG, PNG, ataupun GIF dengan mudah serta cepat tanpa mengurangi kualitas terlalu jauh dari kualitas ori maka tutorial berikut ini sangat saya rekomendasikan untuk dicoba yaitu menggunakan layanan gratis dari IloveIMG.

IloveIMG.com punya beberapa kelebihan diantaranya Free (gratis), Easy to use (mudah digunakan), dan Multitask (dapat menkompres banyak file sekaligus). Selain kelebihan itu file yang akan dihasilkan dapat kita simpan ke penyimpanan Cloud seperti Gdrive atau DropBox bahkan kita juga bisa memberi link khusus untuk gambar tersebut sangat recommended jika kita ingin mengirim gambar ke teman namun dirasa ukurannya yang terlalu besar, link tersebut berlaku sampai 60 menit kedepan.

Langkah-langkah menggunakan tools IloveIMG.com

Langkah Pertama : silahkan kunjungi website IloveIMG.com -> Klik aku mas -> Klik menu Compress Image

Langkah 1 Mengkompress File Gambar

– Langkah Kedua : Upload file gambar yang ingin kita perkecil ukuran filenya dengan menekan tombol Select images, lalu pilih gambar dan klik Open.

Langkah 2 Mengkompress File Gambar

Langkah Ketiga : Setelah proses upload selesai kita bisa menambah file baru untuk dikompres dengan cara menekan tombol “+” pada pojok kanan atau langsung kita mulai proses kompres dengan menekan tombol Compress IMAGES. Tunggu proses upload sampai selesai 100%.

Langkah 3 Mengkompress File Gambar

Langkah Keempat : Setelah proses selesai kita beberapa opsi antara lain :

Langsung mendownload file kita dengan menekan tombol Download Compressed IMAGES.

Memberi link gambar tadi dengan menekan tombol bergambar Rantai . Serta menyimpannya pada Gdrive atau DropBox.

Langkah 4 Mengkompress File Gambar

 

Lamanya waktu pemrosesan tergantung seberapa besar file yang kita upload.

Kualitas gambar yang dihasilkan setelah proses kompres tidak jauh berbeda dengan aslinya, terkadang tidak bisa terlihat adanya perbedaan padahal ukurannya sudah jauh lebih kecil sampai lebih dari 50%.

Berikut hasil kompres gambar yang dihasilkan :

Pembanding

 

Gimana ? Terlihat perbedaannya ?

Begitulah cara mudah dan cepat mengurangi ukuran file gambar secara online sangat cocok bukan ?

Bagi seorang penulis blog atau website yang sering menggunakan gambar pada setiap postingannya bisa lebih efisien terutama dalam mempercepat loading halaman.

Author R

Terima kasih sudah berkunjung di Zonatau.com Follow juga Instagram dan Twitter Zonatau.

Leave a comment