Awas! Mengambil Gambar Dari Google Secara Legal

Masih banyak seorang blogger yang tidak tahu dan paham mengenai lisensi karya seni, termasuk seni digital. Karena hal tersebut menjadikan banyak blogger yang mengambil gambar di internet tanpa menghiraukan lisensi pada gambar tersebut.

Perlu kita ketahui, dalam pengambilan suatu gambar berlisensi untuk keperluan komersil seperti posting pada artikel atau website adalah tindakan Ilegal (Ada saja rintangan bikin website “hayati lelah – Pevita Pearce”).

Suatu gambar digital biasanya memiliki lisensi dari pemilik dan dilindungi oleh undang-undang, serta tidak boleh digunakan secara sembarangan. Jadi, kita harus mulai berhati-hati dan mengurangi menggunakan gambar-gambar dari Google Image yang ternyata memiliki bisa mematikan (lisensi maksud watashi).

 

Terus gimana cara ambil gambar di Google dengan aman ?

Jika kakanda/adinda masih ingin mengambil gambar dari Google Image (Udah dibilangin masih ngeyel), kakanda dan adinda bisa melakukan cara berikut ini agar tidak khawatir terjerat hukum karena mencomot gambar berlisensi. Caranya simple dan easy banget bikin (males dilakuin), oke langsung saja watashi pandu :

 

Langkah 1 : Pertama masuk ke halaman Google Image -> Klik aku mas.

Langkah 2 : Ketikkan saja kata kunci untuk gambar yang kita inginkan. Disini watashi mencoba inputkan kata “cinta”.

Langkah 1 Megambil Gambar Dari Google

Langkah 3 : Klik Alat (Tools), kemudian ubah Hak Penggunaan (Usage Rights) menjadi Dilabeli untuk digunakan ulang dengan modifikasi (Labeled for reuse with modification).

Langkah 2 Megambil Gambar Dari Google

– Langkah 4 : Secara otomatis gambar-gambar pencarian sebelumnya yang terdapat lisensi akan dirubah ke gambar tanpa lisensi, dapat digunakan ulang, atau diedit. Oke sekarang tinggal klik kiri gambar yang diinginkan lalu klik kanan -> Save image as…

Langkah 3 Megambil Gambar Dari Google

Selesai deh semua senang. Dengan begitu kita tidak perlu takut menggunakan atau mengambil gambar dari Google lagi. Namun akan lebih baik jika kita tetap berhati-hati dalam segala hal terutama dalam mengambil, meminjam, dan mengubah sesuatu yang bukan milik kita sendiri (dasar admin sok bijak).

Terima kasih dan semoga bermanfaat…

Author R

Terima kasih sudah berkunjung di Zonatau.com Follow juga Instagram dan Twitter Zonatau.

Leave a comment